ndalem sukacan

tempat segala hal yang asyik tak asyik, unik, tradisional, dan klasik

Untuk kesekian kalinya Babud jadi guide ( sejenis pemandu sorak lah :D ) ke makam imogiri. Oleh karena itu Babud pertama posting yang masih berkaitan dengan Makam Imogiri. Makam Imogiri berada di tlatah (kawasan) Kabupaten Bantul, Kecamatan Imogiri. Kurang lebih 20 KM ke arah selatan dari Kota Jogja. Makam ini merupakan makam dari raja-raja Mataram (Surakarta dan Yogyakarta). Bagi Ndoro yang belum mengetahui tentang makam Imogiri, laen kesempatan Babud jelaskan. Jika memang sudah penasaran silahkan Ndoro nanya mbah gugel dulu saja. :D Sekarang Babud ingin sedikit menjelaskan wedang uwuh. Terkait kuliner minuman ini sebenarnya sudah banyak artikel dan tulisan yang membahasnya. Biar afdol nDalemSukacan tetap akan mencoba menjelaskan lagi.


Lalu hubungan antara makam Imogiri dan wedang uwuh apa Bud? Mungkin suami istri, begitu jawab Babud. :D
Wedang uwuh awalnya memang dikenal dari Wilayah Imogiri. Sampai saat ini pun masih banyak yang menjual minumannya di kawasan Makam Imogiri dan menjadi ke-khas-an tersendiri bagi para pengunjung makam.
Wedang uwuh merupakan minuman tradisional yang terbuat dari campuran bahan alamiah, seperti serutan kayu secang, jahe, daun pala, daun kayu manis, ranting cengkeh, cengkeh, dan daun cengkeh. Uwuh dalam bahasa Jawa berarti sisa-sisa dedaunan (sampah daun kering). Unik memang, mungkin karena bahannya terdiri dari bermacam-macam dan wujudnya juga seperti uwuh (sampah), maka disebutlah wedang uwuh.


Bukan tanpa khasiat wedang uwuh dibuat. Hasil karya masyarakat ini banyak khasiatnya antara lain dapat menurunkan kolesterol, menyegarkan badan dan menghilangkan pegal karena kecapekan, anti oksidan, menyembuhkan dan mencegah masuk angin, selain tentunya untuk menghangatkan badan.


Karena terbuat dari bahan-bahan alami dan tanpa pengawet, Wedang Uwuh tidak memiliki efek samping.
Sekarang ini wedang uwuh sudah diproduksi dalam kemasan yang modern, yaitu dalam bentuk original, seduh, celup, instan dan sirup. Namun demikian, wedang uwuh racikan langsung di wilayah makam Imogiri tetap menjadi keunikan tersendiri, benar-benar seperti meminum sampah (karena racikannya tradisional)

-nDalem Sukacan berkaca di dalam rumah pilihan-

3 komentar:

Anonim mengatakan...

Wedang Umuh depak POLSEK IMOGIRI juga mak nyuss, saya pernah mencobanya wow luar biasa..

sukoco mengatakan...

kapan2 bareng2 rame2 nguwuh mas..

djanoer wedding mengatakan...

itu makamnya ato gutan di samping makam girisapto juga bagus tempatnya...klo bwt poto prewedd sip! :D

Posting Komentar